Halo... Namaku Sari. Beberapa hari ini, aku menjalani hidup tidak seperti biasanya. Kehidupanku akhir-akhir ini terkadang berbanding terbal...

Cara Lain Menerima Kesedihan

Halo...
Namaku Sari. Beberapa hari ini, aku menjalani hidup tidak seperti biasanya. Kehidupanku akhir-akhir ini terkadang berbanding terbalik dengan kenyataan yang seharusnya. Aku selalu berusaha untuk menjadi diriku seutuhnya, namun gagal. Kucoba lagi, tetap gagal. Aku terkadang berdiam diri di dalam kamar untuk setidaknya menghibur diri dalam kegelapan dan keheningan, itu cukup menurutku.


Tidak ada alasan-alasan yang menurutku masuk akal mengapa kehidupanku akhir-akhir ini tidak berjalan seperti biasanya. Walau aku harus mengakui beberapa hari yang lalu pacarku yang harus pergi ke suatu daerah mengatakan tidak akan bisa bertemu lagi dan hubungan kita cukup sampai disini. Seperti biasanya aku menerima dengan lapang dada, menerima semua keputusan yang memang sudah ditakdirkan.

Tapi satu hal yang selalu aku tidak mengerti hingga hari ini, aku tetap merasakan kesedihan dimanapun aku berada padahal orang yang sebenarnya menyayangiku ada disekeliling. Ya, keluarga.

Penerangan ****

Halo mbak Sari yang selalu bahagia.
Berbicara tentang kesedihan, semua orang pasti pernah mengalami. Entah sedih karena sakit, sedih karena kehilangan, sedih karena tidak bisa mengikuti suatu acara, sedih karena tujuan belum tercapai, dan masih banyak lagi kesedihan-kesedihan yang bisa terbangun oleh situasi apapun.

Aku punya teman dekat juga yang selalu sedih dalam segala hal. Namanya Patrick. Terutama kesedihannya datang karena status yang harus ia jalani yaitu: JOMBLO. Tidak hanya itu, terkadang aku melihatnya tetap sedih walaupun ia punya pacar. Aku selalu mengerti perasaan Patrick ketika sedih, terkadang aku mengajaknya bermain, terkadang aku hanya menyuruhnya tidur. Mungkin itu kegiatan yang tepat untuk melupakan semuanya.

Di kehipuan sehari-hari, kita memang tidak akan lepas dari kesedihan. Kesedihan bisa datang darimanapun dan kapanpun. Aku tidak ingin menggurui dengan memberikan tips-tips, melainkan aku hanya ingin berbagi sesuai dengan pengalaman yang aku punya.

Percaya Bahwa Kesedihan Bisa Diatasi


Aku selalu menanamkan kepercayaan bahwa setiap yang ada di dunia ini bisa diatasi, diatasi di dunia maksudku, bukan di akhirat. Karena kalau tidak berfikir bahwa masalah dunia bisa diatasi di dunia, berujung pada bunuh diri. Dan lagi-lagi, itu bukan sebuah penyelesaian.

Jangan seperti temanku, Patrick. Ia selalu upload apapun ketika perasaannya berubah. Ketika sedih ia akan upload foto sedih atau kata-kata yang menandakan bahwa ia sedang bersedih seakan hanya mereka yang punya kesedihan dan tidak sanggup untuk menahan kesedihan yang ia rasakan. Ini tidak akan membantu.

Cari Hal Lain


Aku dan Patrick biasanya bermain seperti yang sudah kutuliskan diatas untuk menghindar dari perasaan yang ada saat itu. Karena menurutku mencari hal lain diluar itu bisa menurunkan kadar mengingat kejadian atau menurunkan perasaan lebih jauh lagi. Mungkin aku dan Patrick selalu menghabiskan waktu berdua dikamar dan bermain game, kalian mungkin bisa mengembangkan hobi seperti jalan-jalan, manjat gunung, belanja, dan kegiatan lain yang bisa membuat kalian lebih baik. Karena menurut pegalamanku, kesedihan itu tempatnya di pikiran kita dia masih akan bermain dan melayang-layang ketika kita memikirkannya dan pergi ketika tidak memikirkannya.

Jadikan Pengalaman Yang Berharga

Segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah pengalaman, dan setiap kesedihan yang sedang kita alami adalah proses yang akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Patrick yang sering sekali mengalami kesedihan bilang kepadaku bahwa lebih banyak ia bersedih, semakin ia mengerti bahwa kesedihan yang ia rasakan selama ini adalah pembelajaran.

0 komentar: