PP Jakarta-Bandung: 175k Selama 3 Hari 2 Malam, Bisa Kok!

Liburan ke Bandung bisa jadi murah bisa jadi mahal tergantung informasi yang kalian dapatkan. Tapi kali ini aku mau berbagi tentang tips liburan ala Backpacker di kota Bandung. Jujur, ini adalah kali pertama aku menginjakan kaki di Bandung dan belum banyak informasi yang aku dapatkan baik dari internet atau dari teman. Tapi dari cerita ini bisa jadi referensi untuk kalian yang ingin berwisata murah di kota Bandung.

Perjalanan menuju Bandung dengan KA Lokal
Saat itu aku berempat (Aku, Febrian, Ihya dan Cilung) berencana untuk mengunjungi kota Bandung. Bersama mereka, aku berlibur selama 3 hari 2 malam di kota Bandung. Tidak banyak tempat yang kami kunjungi sebenarnya karena kami memang berencana untuk kembali lagi nantinya.

Hari Pertama (10 April 2018)

Kami berangkat ke Bandung melalui kereta lokal Walahar rute Tj. Priok - Purwakarta dan dilanjut dengan kereta Cibatuan dengan Rute Purwakarta - Cibatu yang melewati Stasiun Bandung. Untuk detail jadwal dan harga untuk sampai ke Bandung bisa kalian lihat di artikel ini. Kami berangkat Pukul 11.24 WIB dan tiba di Bandung pukul 18.28 WIB. Untuk kalian yang sudah memesan hotel terlebih dahulu bisa langsung mampir ke hotel untuk beristirahat. Tapi karena kami memakai kereta lokal untuk sampai di Bandung, ketika sampai di Bandung waktu sudah malam dan pertimbangan untuk menginap di hotel harus diperbincangkan mengingat waktu check in rata-rata jam 12 siang. Setelah berpikir agak lama, kami memutuskan untuk menginap di Masjid Salman ITB pada malam pertama. Masjid Salman tidak berlaku hanya untuk musafir laki-laki saja melainkan perempuan juga boleh karena saat kami disana banyak sekali perempuan yang masih duduk atau tiduran di selasar masjid ini hingga larut malam dan bahkan ada juga yang sampai pagi.

Depan Masjid Salman ITB
Hari pertama kami habis untuk perjalanan dan beristirahat serta mencari beberapa tempat yang dekat dengan ITB atau yang dekat daerah Dago. setelah agenda hari kedua kami sudah tentukan, kamipun beristirahat di Masjid Salman hingga pagi.

- Ongkos Kereta 14k
- Ongkos Gocar menuju Salman 20k:4 = 5k/orang

Perorangan: 19k

Hari Kedua (11 April 2018)

Setelah selesai sholat subuh dan mandi, kami langsung bersiap-siap untuk melanjutkan petualangan. Petualangan pertama adalah melihat anak ITB ketika pagi dan keliling kampusnya. Tidak jauh dari kampus, kami pergi menuju Kebun Binatang Bandung. Semua masih kami lakukan dengan berjalan kaki, maklum jaraknya tidak terlalu jauh dari Kampus ITB.

Dalam Kampus ITB
Depan Kebun Binatang Bandung
Setelah dari Kebun binatang, kami beranjak kembali menuju Taman Hutan Raya Juanda. Perjalanan dari kebun binatang kami tempuh sekitar setengah jam dengan menggunakan Gocar. Setelah sampai di Tahura Juanda, kami mengeksplore beberapa tempat yang disediakan seperti Goa Belanda, Goa Jepang, Jembatan Gantung, Kandang Rusa, sayangnya kami tidak menemukan curug saat itu karena air yang sedang kering.

Dalam Tahura Bandung
Sekitar pukul 13.00 WIB, kami memutuskan untuk menuju penginapan yang kami sudah sewa di daerah Dago. Menuju penginapan kami juga menggunakan Gocar sebagai moda transportasi simpel, murah dan nyaman ketika kami di Bandung. Pukul 14.00 WIB kami kemudian Check in dan beristirahat sampai sore karena perjalanan mengeksplore Tahura Juanda cukup melelahkan.

Alun-alun Bandung
Malam harinya kami memutuskan untuk jalan-jalan menikmati kota Bandung, menikmati kuliner di Skywalk Cihampelas dan memutuskan untuk menghabiskan waktu dengan berbincang dan bercanda di alun-alun Bandung. Alun-alun Bandung pada malam hari sungguh mempesona dan menjadi tempat untuk nongkrong yang menyenangkan selain daerah Braga. Setelah agak larut malam kami memutuskan untuk kembali ke penginapan dan sedikit bermain game kemudian tidur.

- Gocar Kebun Binatang - Tahura = 20k:4 = 5k/orang
- Gocar Tahura - Hotel = 25k:4 = 7k
- Sewa Hotel Blessing 360k (2 Kamar):4 = 80k/orang
- Gocar PP Hotel - Alun-alun = 40k:4 = 10k
- Tiket masuk Tahura = 12k

Perorangan : 114k

Hari Ketiga (12 April 2018)

Bangun pagi tidak menjadikan kami beranjak dari tempat tidur juga pagi. kami beranjak agak siang dari penginapan dan langsung check out. setelah check out kami memutuskan untuk mengeksplore Skywalk di Cihampelas dan makan beberapa kuliner disana. setelah puas menikmati Cihampelas, kami memutuskan untuk berangkat menuju Terminal Lewipanjang untuk kemudian pulang ke Jakarta melalui jalur Cikarang.

Skywalk Cihampelas
Perjalanan dari Terminal menuju cikarang sekitar 4 jam dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB setiap setengah jam sekali. Namun kalian jangan khawatir dikejar oleh waktu karena kereta Cikarang menuju stasiun terdekat akan selalu ada hingga jam 11 malam. Berbeda halnya jika kalian naik dari Terminal menuju Purwakarta, Lebih murah dan lebih cepat memang tetapi kereta Purwakarta yang kearah Jakarta hanya ada jam 14.15 WIB saja. Jika kalian telat, mau tidak mau kalian harus menginap di Purwakarta

- Hotel - Terminal 30k:4 = 8k
- Terminal - Cikarang = 30k
- Cikarang - Stasiun terdekat = 4k-6k

Perorangan : 42k

Total 3 Hari 2 Malam = 175k (*Belum termasuk makan dan jajan)

Cerita ini mungkin bisa dijadikan referensi untuk teman-teman yang ingin berlibur ke Bandung. Jika teman-teman ingin berkunjung ke lebih banyak tempat wisata yang menyenangkan, mungkin bisa menyewa mobil sebagai alternatif perjalanan karena jika order Gocar akan lumayan juga ongkosnya walaupun tidak terlalu jauh. Untuk penyewaan mobil di daerah Dago bisa kalian cari di Jl. Plesiran dekat taman jomblo dengan tarif sekitar 120k/hari tidak termasuk supir dan bensin, ini akan jauh lebih berhemat.

Biaya diatas adalah biaya referensi untuk kalian dan itu berdasarkan pengalaman selama kemarin di Bandung. Jika objek wisata mahal, bisa kalian kalkulasikan sendiri dengan biaya diatas dan untuk biaya makan di Bandung bisa kalian hitung rata-rata sekali makan adalah 10k.

Sekian cerita singkat dan pengalaman pertama kali berkunjung ke kota Bandung. Sangat seru, menantang, dan kami akan berkunjung kembali.

6 comments:

1. Nah ini liburan hemat yang tidak bikin kantong jebol, bisa lah di tiru

2. wah aku abis sejuta ke BDG
    maklum rempong shopping huhu
    bisa dicoba nih

3. Mantap.

YUK KLIK LINK DI BAWAH INI SEKARANG!!!!

Ton Nasa

ReplyDelete
  4. dari terminal lewipanjang itu naik kereta apa ?
    tarif nya brpa ke cikarang ?
    dr cikarang ke jkt naik kereta lg ?