Malam bang, nama gua Satrio. Kemaren gua baru aja keterima disalah satu PTN di Jakarta. Menurut cerita yang gua dapet selama sekolah, ma...

Selain Dosen, SKS, dan Waktu. Ini Adalah Perbedaan Spesifik Antara SMA dan Masa Kuliah


Malam bang, nama gua Satrio. Kemaren gua baru aja keterima disalah satu PTN di Jakarta. Menurut cerita yang gua dapet selama sekolah, masa-masa kuliah itu beda banget sama masa SMA. Bener ga? Katanya di Kuliah itu lebih asik bisa jalan kemana aja, bisa ga kuliah juga bebas, intinya tergantung kita. Selain itu yang gua dapet dari cerita temen gua, di kuliahan itu dosennya ga kaya guru yah bang tapi lebih cuek gitu. Kan ga asik. Tapi kalau mau bergaul sama keren sih bisa di kuliah bang katanya.

Nah yang pengen banget gua tanyain itu bener ga sih? terus yang lebih spesifik bedanya apa. Kalau yang gua ceritain diatas itukan cuma luarannya yah. Mungkin bisa dalem-dalemnya juga bang.

Oiya, Lu uda kuliah belum bang? wkk. Kalau uda berarti gua nanya keorang yang tepat, kalau ga berarti gua nyusahin lu wkk. sorry bang.

Penerangan **

Wahai Satrio yang Budiwoman. Dinilai dari tulisanmu yang to the point seperti itu, sepertinya aku bisa menerka kamu masuk ke jurusan apa. *Mungkin pembaca sudah bisa menerka*

Mencari informasi langsung dari sumbernya mungkin akan menolongmu menemui jalan buntu yang kamu alami. Artinya aku bukan orang yang tepat, tapi masih bisa membantumu menjawab keraguan dari pertanyaanmu itu.

Berbicara tentang dunia perkuliahan dan seluk beluknya itu memang menarik. Dosen yang berbeda karakter membuat dunia perkuliahan menjadi lebih menarik. Tidak hanya itu, tingkah laku mahasiswanya juga ajaib-ajaib. Untuk waktu perkuliahan memang fleksibel, tapi pergunakanlah waktu sebaik mungkin setidaknya untuk bermain game saat waktu kosong. Tidak lupa juga dengan mata kuliah dengan Sistem Kredit Semester yang bikin pusing saat waktu pengisian karena harus berebut dosen ENAK dengan teman sekelas.

Nah, diatas sudah dijelaskan gambaran umumnya dari perkuliahan yang musti kita ketahui sebagai siswa yang akan berganti status menjadi mahasiswa. Tapi, dibalik itu semua ada juga hal yang lebih spesifik yang harus kita ketahui bersama.


Tampang Tambah Tua
Tua memang pasti, tapi dewasa itu pilihan. Kenapa muka bisa jadi tua? di dunia perkuliahan kamu tidak akan percaya akan dihadapkan oleh permasalahan-permasalahan pelik dan membuatmu harus terus-menerus memikirkannya. Betul kata pepatah, Sedikit demi sedikit lama-lama jadi tua. Tapi tua juga bisa jadi pilihan kalau kamu bisa merawat diri dengan baik dan ga gampang stress kok.

Perubahan Status
Perubahan status dari lajang ke berpasangan atau sebaliknya bisa terjadi di dunia perkuliahan. Jangan pernah berharap di dunia perkuliahan tidak bisa merubah statusmu, malah disini tempatnya merubah status. Merubah status disini bisa status apa saja, contoh dari SMA dipanggil anak rajin, di perkuliahan bisa saja sebaliknya atau status yang tadinya pemalas jadi rajin.

Tingkatan Rajin Berkurang

Pada masa-masa kuliah ini akan terjadi pada siapapun. Alasannya sangat simpel yaitu karena banyaknya kegiatan di kampus, bahkan organisasinyapun lebih bervariasi sesuai dengan minat. ini akan melunturkan semangat untuk kuliah karena keseringan mengikuti hal diatas padahal kuliah prioritas utama. Tapi jangan pernah khawatir dengan organisasi atau minat yang kamu ikuti, karena semuanya menuju pada kebaikan.

Pola Tidur Acakadul

Mahasiswa terkenal dengan begadangnya. Entah begadang karena tugas, projek, minat, atau sekedar bersenang-senang. Kalau saat di SMA kamu punya jadwal yang sangat longgar dan bisa tidur biasanya jam 9, hal ini tidak akan berlaku di dunia perkuliahan. Alasan untuk tidak tidur akan selalu datang menghantui, terkadang ketika kita sudah ngantuk pun bisa jadi ada teman yang datang kerumah atau kosan hanya sekedar main hingga larut. Hal ini juga sejalan dengan waktu kuliah yang kosong, jadi mahasiswa memanfaatkan waktu begadang untuk bersenang-senang atau melakukan sesuatu.

Isi Dompet Tipis-Tipis

Jika sudah masuk dan menjadi mahasiswa, biasanya masalah keuangan itu menjadi masalah sendiri. Tuntutan untuk mengatur keuangan sendiri untuk keperluan makan, jalan, ongkos, main dan masih banyak lagi itu menjadi tanggungan sendiri. Ini pula alasan kenapa banyak mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Sebagai mahasiswa harus pintar mengelola keuangan karena banyak sekali pengeluaran tak terduga yang datang. Contoh simpelnya adalah teman mengajak makan ke restoran hanya untuk ngobrol. Banyak sekali tipikal mahasiswa seperti ini bertebaran di kampus, jadi kita sebagai mahasiswa harus punya pendirian dan berani menolak untuk ajakan yang tidak terlalu penting.

Jadi mahasiswa banyak suka dan dukanya. Diatas adalah bumbu-bumbunya.
Jadi mahasiswa juga seru. Karena kenangan dan keseruannya tidak akan terulang dua kali.

2 comments: