Hari Selasa kemarin aku dan teman-teman merencanakan agenda dadakan yaitu berlibur ke Bandung. Karena dadakan, informasi yang kami dapatkan ...

Jakarta - Bandung, Perjalanan Seru Hanya Rp.14.000,-

Hari Selasa kemarin aku dan teman-teman merencanakan agenda dadakan yaitu berlibur ke Bandung. Karena dadakan, informasi yang kami dapatkan juga dadakan terutama tentang transportasi. Untuk wisatawan yang ingin berlibur ke Bandung biasanya menggunakan kendaraan pribadi, kereta Argo Parahyangan dari Gambir menuju Bandung atau bisa juga bis sebagai alternatif kedua.

Awalnya kami juga merencanakan untuk menggunakan jasa kereta Argo Parahyangan namun tidak jadi karena selang beberapa waktu mencari informasi kami menemukan kendaraan yang pas untuk mengantarkan kami menuju bandung dan murah meriah. Dibawah ini adalah kendaraan yang bisa mengantarkan kalian ke Bandung, mungkin juga bisa menjadi referensi kalian yang ingin berkunjung ke Bandung dengan budget sedikit.

Naik Kereta Walahar Express(Jakarta Kota - Purwakarta)


Stasiun Kemayoran
Untuk kalian yang berada di Jakarta, Akses termudah untuk menemukan kereta ini adalah pergi ke stasiun terdekat yaitu Kemayoran atau Tanjung priok. Kami kebetulan domisili Jakarta Timur dan pilihan kami jatuh ke stasiun kemayoran karena jarak tempuh dari rumah lebih dekat.

Kereta Walahar Express mempunyai 3 Keberangkatan dan kami memilih untuk berangkat pada keberangkatan ke 2 karena beberapa pertimbangan salah satunya adalah waktu tunggu di Stasiun Purwakarta.

Kereta Walahar datang pada pukul 11.20 WIB di Stasiun Kemayoran dan berangkat menuju Purwakarta pukul 11.24 WIB. Kami sampai di Purwakarta agak ngaret sedikit tapi tidak banyak yaitu pada jam 14.01 yang seharusnya sampai 13.45 tapi ini mengurangi jatah kami untuk menunggu di Purwakarta.

Jadwal Keberangkatan Walahar Express
Kereta Walahar Express ini dimulai dari Stasiun Jakarta Kota - Kemayoran - Tambun - Cikarang - Lemahabang - Kedunggedeh - Karawang - Klari - Kosambi - Dawuan - Cikampek - Cibungur - Purwakarta.

Harga tiket = Rp. 6.000,-
Pembelian = On the Spot

Melanjutkan ke Bandung dengan Kereta Cibatuan (Purwakarta - Cibatu)


Stasiun Purwakarta
Untuk membeli tiket Kereta Cibatuan bisa langsung di Stasiun Purwakartanya langsung. Penjualan tiket kearah bandung dibuka pukul 15.00 WIB jadi tidak bisa kapanpun bisa membeli tiket ini. Karena waktu yang masih banyak sebelum dibukanya loket, kami memutuskan untuk berjalan-jalan sedikit di Purwakarta. Makan es campur, Makan nasi di warteg atau jalan ke depan stasiun juga menarik untuk membuang waktu apalagi kalian suka foto, disana ada spot foto yang lumayan menarik.

Depan Stasiun Purwakarta
Setelah jam 3, loket sudah bisa melayani dan kami membeli tiket sesuai dengan tujuan kami yaitu Bandung. Kereta Cibatuan mirip dengan Kereta Walahar namun di Cibatuan agak sedikit ramai. Kereta ini berangkat dari Stasiun Purwakarta pukul 15.45 Wib dan sampai di Bandung pukul 18.12 WIB. sedikit on time dibandingkan dengan Kereta Walahar.

Jadwal Kereta Purwakarta - Cibatu 
Saat sampai di Bandung atau stasiun singgah sebelum Bandung, Pemberitahuan tiba di Stasiun tidak ada. Jadi sebisa mungkin jika sudah agak gelap jangan lengah karena bisa kelewat stasiun Bandungnya. Tapi jangan terlalu khawatir juga untuk kelewat karena di Bandung Kereta Cibatuan berhenti agak lama.

Orang ganteng di Stasiun Bandung
Kereta Cibatuan dari Purwakarta melewati Stasiun Ciganea - Sukatani - Plered - Cikadondong - Rendeh - Maswati - Sasaksaat - Cilame - Padalarang - Cimahi - Cimindi - Bandung.

Harga tiket = Rp. 8.000,-
Pembelian = On the Spot


Dalam Kereta Walahar
Perjalanan menarik dan murah ini bisa anda coba. Walaupun harga murah, tapi fasilitas di Kereta tidak murahan dan tidak akan ada ruginya memilih moda transportasi ini. Apalagi jika kalian rombongan dengan teman dan suka dengan perjalanan yang seru dan berpetualang, ini sangat direkomendasikan. Tapi untuk kalian yang mempunyai waktu singkat, jalur ini tidak disarankan dikarenakan waktu perjalanan mencapai 7 jam.

Bandung, 12 April 2018
06.50 WIB
Ditemani lagu Mari Bercerita - Payung Teduh

13 comments:

  1. mantap2 ,boleh di coba hehe

    ReplyDelete
  2. Buset dah.. Murah ya ternyata.. Nggak nyangka dari jakarta-Purwakarta cuman 6000, trs lanjut ke Bandung cuman 8000.. haha

    Tapi Kalo efisiensi waktu sama kereta yg langsung dari Jakarta ke Bandung gimana ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lebih lama gan. dan cuma ada satu waktu aja selama sehari

      Delete
  3. Wuih,, boleh nih dicoba,, semacam piknik naek kereta,, karena perjalanan di kereta nya lumayan lama, termasuk hitungan waktu tunggu di stasiun juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang agak lama sih wkk. tapi kebayar lah bisa sekalian jalan2 ke purwakarta

      Delete
  4. wahhh jadi cuma 2 kali ganti kereta ya?!
    Sip lah bisa dicoba kapan2 waktu main kesana..

    ReplyDelete
  5. Murah ya.



    YUK KLIK LINK DI BAWAH INI SEKARANG!!!!

    Ton Nasa

    ReplyDelete