Beberapa hari yang lalu, saya memutuskan untuk pindah dari kosan lama kekosan yang baru. Meski harus beradaptasi lagi yo wiss tak jalan...

Beberapa Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Membunuh Rasa Kesepian


Beberapa hari yang lalu, saya memutuskan untuk pindah dari kosan lama kekosan yang baru. Meski harus beradaptasi lagi yo wiss tak jalani sebagai anak rantauan yang katanya wajib punya badan sekuat besi.

Satu hal yang paling saya benci dari perpindahan selain beradaptasi kembali adalah rasa kesepian yang biasanya menghampiri dan gak tau waktu kapan datengnya. Konon, sepi ini adalah sesuatu hal yang bisa membunuh diri sendiri seperti perkataan Bung Chairil Anwar

Mampus kau dikoyak-koyak sepi

kata ini merupakan penekanan bahwa betapa bahayanya sepi itu. Jadi kita harus berhati-hati dan selalu punya cara untuk menanganinya.

Sebagai anak rantau yang sering kali berpindah kosan karena beberapa alasan, kesepian memang musuh utama. Bahkan untuk beberapa orang, sepi adalah musuh bebuyutan yang harus dilawan. Bahkan tak jarang pula banyak yang menghabiskan uang semata-mata untuk menghindari kesepian tersebut.

Pada tulisan kali ini, saya hanya ingin berbagi pengalaman yang mungkin bisa dipraktekan saat kalian sedang merasa kesepian.

Mengertilah bahwa kita tidak pernah sendiri.

Seperti yang sudah dijelaskan oleh bapak kita, manusia adalah makhluk sosial yang tak akan pernah lepas dari manusia yang lain. Jadi alasan apalagi yang membuat kita merasa selalu sendiri?
Mungkin untuk beberapa makhluk introvert seperti saya sering bertanya.
“Kan kalau orang introvert itu sukanya menyendiri, dan memang sukanya begitu tapi kadang juga merasa kesepian. Selain itu bagaimana jika kita malu untuk memulai duluan biar ga kesepian”

Ini sebenarnya kejadian yang sangatlah sederhana. Berdasarkan penelitian yang pernah saya baca, manusia memiliki jumlah bakteri yang +- 40 triliun. Fakta ini tentunya tidak bisa dibantah, jika tidak percaya silahkan mencari data sendiri mengenai keabsahan jumlah bakteri yang ada di tubuh manusia tersebut. Masih merasa kesepian setelah tahu ada +- 40 triliun nyawa yang betah hidup bersama kita?

Nimbrung di keramaian

Biasanya dengan cara ini saya banyak sekali mendapatkan manfaat, salah satunya adalah membunuh kesepian. Nimbrung dikeramaian bukan Cuma dilakukan saat ada pasar malem, pasar kaget atau pasar beneran. Tapi kalian juga bisa ko mengikuti kegiatan-kegiatan yang biasanya bisa membunuh kesepian. Contohnya sholat, ikut organisasi teriak-teriak, atau buat kebakaran kecil-kecilan.

Cara yang paling ampuh adalah Berbagi

Cara terakhir ini yang musti kalian coba dirumah atau dikos saat sepi melanda dan tidak ada obatnya. Ketika anda sedang sendirian didalam kamar, coba kalian lihat sekitar dan matikan lampu kamar atau setidaknya redup sedikit agar kekhusyukan datang kepada kita. Selanjutnya rebahkan tubuh diatas kasur, ambil guling dan siapkan handphone kalian.

Jika semua sudah dilakukan, coba kalian buka joox, spotify atau music player di handphone kalian. Ketikkan lagu linsir wengi untuk menambah daya gedor pembunuh kesepian anda.


Cara ini sudah pernah saya coba dan berhasil membuat saya tidak berani memejamkan mata. Benar-benar pembunuh kesepian

0 komentar: