Sama seperti orang-orang biasanya, ketika pagi sudah tiba maka yang pertama kali dicari adalah smartphone-nya. Artikel tak berguna ini ju...

Tipe – Tipe Mahasiswa: Dari Teladan Sampe yang Jahannam


Sama seperti orang-orang biasanya, ketika pagi sudah tiba maka yang pertama kali dicari adalah smartphone-nya. Artikel tak berguna ini juga sebenarnya berawal dari chat wa seseorang yang tak ku kenal dan ia bertanya dengan serius.

“Ka, Apakah di sekolah dan di dunia kuliah itu sama? ”

“Ka, Apakah di dunia kuliah setiap mahasiswa punya karakter masing-masing?”

Lalu dari banyaknya pertanyaan itu lalu aku mencoba menjawab.

“Tunggu Di blog-ku aja yah”. Semoga dengan jawaban itu ia merasa puas. Wkk




****

Setiap mahasiswa pasti pernah merasakan “sesuatu” saat di bangku kuliah, entah itu saat belajar, saat di kelas ataupun saat di lingkungan perkuliahan.

Selama jadi mahasiswa aku selalu menemukan hal yang aneh, contoh yang sampai saat ini masih teringat adalah berubahnya nilai A ke C tanpa adanya kompromi atau transparansi nilai yang jelas. Sakit, sakit sekali. Selain itu, temanku pernah mendapat nilai A lalu berubah menjadi E. Wowwwww… it’s Amazing…..

Dari peristiwa di atas itu terkadang mahasiswa menambahkan gelar atau embel-embel kepada dosen-dosen  seperti itu, contoh: dosen itu manusia setengah dewa, dosen itu nomor satu, dosen itu raja, dan masih banyak lagi. Dari istilah itu, sebenarnya sudah bisa mewakili kepribadian dosen yang bersangkutan. Ada dosen favorit dan ada juga dosen yang pasti dihindari oleh mahasiswanya. Tapi kali ini aku tidak akan membahas mengenai dosen, melainkan membahas tentang mahasiswanya.

Berteman dengan banyak mahasiswa berbeda jurusan membuat aku mengerti sedikit tentang apa yang mereka kerjakan. Dan yang perlu kalian ketahui (terutama yang masih ada di bangku sekolah) bahwa pertemanan di dunia perkuliahan dengan dunia sekolah itu sangat jauh berbeda. Jika di bangku sekolah kita gampang banget dapet temen, nah di perkuliahan itu gampang tapi harus selalu kita saring dahulu dan kita sendiri yang menentukan akan memilih teman yang seperti apa.

Tapi, punya teman itu ga selamanya enak, ada juga sisi ga enaknya. Contohnya ketika kita berteman dengan teman yang suka bolos yah pasti ikut-ikutan bolos, jika kita berteman dengan teman yang suka pulang malam yah pasti kita ikut-ikutan pula. Begitu seterusnya… Tapi, semakin banyak kita mempunyai teman, semakin besar pula kesempatan untuk ditraktir (maklum anak kos) hahahaha. Tapi di balik banyaknya teman juga kita jadi lebih banyak punya link untuk pekerjaan nantinya. Terlebih lagi jika kita ingin mendapatkan beasiswa, teman yang banyak biasanya berperan penting dalam penyebaran informasi.

Dari sedikit tentang pertemanan di dunia kuliah, kita juga harus sedikit tahu tentang tipe-tipe mahasiswa yang nantinya akan kita jadikan teman.

Penasaran?

Baca terus sampai bawah!1!1!

Mahasiswa Teladan

Mahasiswa tipe ini yang selalu punya motto : “Masuk kuliah itu wajib tanpa terkecuali”.
Bahkan ketika perkuliahan belum mulai, dia pasti sudah datang. Ga peduli materi di perkuliahan ngerti atau ga, yang penting masuk dulu.

Tipe ini sebenarnya bisa menjadi motivasi bagi kaum-kaum yang lain, setidaknya masuk dulu, jangan uda tau materi susah malah ga masuk. Yang masuk aja ga tau, gimana yang ga masuk? Pasti tau hehehehe…. Pasti ga tau juga kan? Tapi yang namanya mahasiswa terkadang kalau uda ga ngerti pasti males ngampus, apalagi dosennya kurang jossss pas di kelas.. pasti lebih males lagi.
Sebenernya aku juga punya tipe temen seperti ini, terkadang kalau kita ga masuk, pasti keluar dari mulutnya quotes-quotes sesat ala plesetan yang bisa buat perut kekocok dan semangat lagi kuliah hahahaha... dia selalu ngajarin kalau kaki masih bisa bergerak, otak masih bisa di pake, alasan apa yang buat kita ga ngampus?

Serius, tipe mahasiswa kaya gini cocok buat disuruh titip absen..!!

Mahasiswa Pintar

Ini dia salah satu mahasiswa pujaan.

Disayang dosen, disayang sama temannya, dan biasanya paling populer di jurusan. Tipe ini yang selalu cepat mengerti apa yang diajarkan dosen. Nalarnya baik di setiap pelajaran dan selalu mengerti. Tapi tipe ini terkadang tidak ingin bermain lebih jauh dan lebih terfokus pada belajar. Tempat favoritnya itu perpus yang pasti. Nilai A untuk mahasiswa ini seakan biasa saja karena ya itu, kerja keras tak akan menghianati hasil yang didapat.

Mahasiswa ini cocok untuk didekati saat ujian…!!!

Mahasiswa (Semi ) Jahannam

Mahasiswa ini yang masuk kategori semi jahannam yang pernah aku temui. Datang ke kampus tapi terkadang buat nongkrong, kadang masuk kuliah, kadang-kadang.

Mahasiswa ini biasanya ga pernah ngopenin kuliah. Materi yang diajarkan hari ini bablas aja di buku catatannya. Ketika ada yang lain sedang sibuk membahas tugas kuliah di grup wa, dia datang dengan nada yang biasa saja.

“Emang ada tugas yah? Tugas apa? Dikumpulin kapan?”

Seketika grup menjadi hening. Ya karena memang namanya mahasiswa, sejatinya itu harus mencari info dan apa susahnya untuk scroll keatas. Main Mobile Legend aja rela berjam-jam, masa untuk scroll aja ga bisa. Muehehehehehe

Mahasiswa ini cocok berteman dengan mahasiswa teladan.. !!!
heuheuheu

Mahasiswa Jahannam

Sebiadab-biadabnya mahasiswa semi jahannam, ada yang lebih parah lagi yaitu mahasiswa jahannam. Mahasiswa ini yang jarang ngampus, sering nitip absen, kadang ngampus kalau uda mimpi orang tuanya bilang “Kapan mau lulus nak”.

Selain males kuliah, orang seperti ini sebenarnya pintar juga kelakar. Selalu aja ada alasan ketika ga mau kuliah.
Contohnya kemaren alasannya begini:

“Duh, sorry banget nih gua kayanya ga bisa masuk deh, tolong yah di absenin soalnya mau bantu temen keilangan sepatunya”

“Eh hari ini dosen masuk ga? Kalau ga masuk gua titip absen yah, soalnya kucing gua lagi mual”

“Guys, gua kayanya bisa masuk deh sekarang karena tadi kemeja gua kancingnya ga ada satu”

Dan masih banyak lagi.

Sebenernya ada lagi sih yang unik dari mahasiswa jahannam ini, contohnya saat ada tugas. Kalau mahasiswa semi jahannam itu masih nanya ada tugas atau ga. Tapi kalau mahasiswa ini tau ada tugas tapi selalu ngerjainnya h-3 jam yah minimal, ngerjainnya subuh-subuh buta, ketika semuanya lagi pada tidur dia nanya.

“Tugasnya diapain yah, ko gua ga ngerti”

“Eh, bales dong. Parah banget ga ada yang mau bantuin temen sendiri”

Dan ketika dikampus selalu bilang


“Kalau temen ga bisa itu dibantuin, ini malah diem aja”

“Eh kutil, itu nanyanya jam berapa? Dikumpulinnya kapan? Masa kita yang nawarin mau ngajarin. Mana kita tau kalau lu ga bisa”

Kalau liat mahasiswa tipe ini jadi orang yang belajar terus dan selalu ngerjain tugas itu ibarat kita ngeliat keajaiban dunia,dan kiamat sepertinya semakin dekat.
Hahahah

Nah mungkin itu beberapa tipe mahasiswa yang bisa aku jelaskan, sebenarnya masih banyak sekali yang tidak bisa terdefinisikan. Jika dilihat-lihat, kalian sepertinya punya lebih banyak tipe-tipe mengenai mahasiswa.. nah jika kalian tahu silahkan isi dikolom komentar yah biar seru dan yang lain pada tahu..
heu heu heu

Ditulis Di kamar Kosan
Jakarta, 07 Januari 2017
08.00 WIB – Ditemani lagu slank mawar merah

2 comments:

  1. Replies
    1. za di blog lu ada versi lebih lengkap ga? @rezacadel.blogspot.co.id

      Delete