Ibu dari Lagu-lagunya. Bukan dari anak-anak Ku :3 “Bagi saya, sebuah lagu adalah entitas spesial bernyawa yang ditakdirkan untuk menemu...

Review : Mengenal Lebih Dekat Dengan Album "TELISIK" - Danilla Riyadi

Ibu dari Lagu-lagunya. Bukan dari anak-anak Ku :3

“Bagi saya, sebuah lagu adalah entitas spesial bernyawa yang ditakdirkan untuk menemukan serta memilih sendiri siapa pelantunnya, siapa tuannya, siapa induknya, siapa yang mengasuhnya. Alih-alih penyanyi berbandrol “kelas wahid” dengan teknik suara ekstravagant dan sejumlah atribut keemasan lainnya, sejumlah lagu yang saya tulis lebih memilih sosok pelantun bersuara sederhana, jauh dari embel-embel mumpuni. Ia bernyanyi tidak hanya semata-mata dengan pita suaranya saja, melainkan melibatkan batinnya. Adalah Danilla JP Riyadi yang menjadi sosok ibu bagi lagu-lagu yang berderet di album ini, ia amat mencintai lagu yang ia lantunkan sebagaimana seorang ibu mencintai anaknya”.

Begitulah Lafa Pratomo mengenalkan sosok Danilla Riyadi kepada setiap orang yang ingin mengenalnya lebih jauh lagi di album telisik yang ia produseri ini. Saya sangat setuju dengan perkataan lafa itu karena memang seperti itulah Danila yang saya kenal selama ini. 

Perkenalan saya dengan Danilla Riyadi berawal dari kegemaran mengonsumsi lagu-lagu band indie dan akhirnya bermuara di akun miliknya, sejak saat itu petualanganku dimulai tentang lagu-lagu yang ia buat. lagu pertama yang terdengar ditelingaku adalah "Ada disana", Suara Danilla memang tidak seperti "Diva", namun ia selalu menyuguhkan suara yang merdu dan menenangkan di dalam setiap lagunya. dari akunnya tersebut aku mulai berani penasaran untuk mencari sosoknya di youtube dan di akun-akun miliknya dan memang ternyata seperti apa yang aku bayangkan, ternyata benar sosok menyuguhkan aura yang begitu menenangkan di setiap penampilannya.



Sedikit bercerita kembali mengapa aku ingin menulis tentang Danilla di blogku, Seminggu ini sebenarnya aku rutin mengonsumsi lagu dari danilla riyadi karena ada sesosok teman yang mengupload foto Danilla di akun miliknya yang membuatku kembali mengonsumsinya setelah beberapa bulan ini aku tidak mendengarkannya kembali. memang aku akui kembali aku tak pernah bosan untuk mengonsumsinya karena lagunya yang begitu menenangkan,enak untuk di dengar dan kata-katanya pun mempunyai makna yang begitu mendalam.

Ada 13 Track Dalam Album Telisik Danilla yang semuanya hebat menurutku. Mari kita ulas satu per satu :

1. Penutupan 
Lagu pembuka ini ini memang terasa begitu suram dan aku tak mengerti mengapa namanya penutupan padahal ini adalah lagu pembuka dan liriknya pun hanya satu baris ".. terjebak dilintasan waktu, terbujur aku dan membatu.."

2. Ada Disana 
Di lagu keduanya ini kita di suguhkan dengan lagu yang bertemakan cinta dan beraroma jazz, meski tentang percintaan dan jatuh cinta, lagu ini menurutku tak terkategorikan dengan kesan yang cengeng, sepenggal liriknya "..Sudikah kiranya kau, mengizinkan diriku untuk sejenak berkunjung kedalam hatimu.. pastikan aku ada disana..."



3. Senja Diambang Pilu 
Jika sudah berbicara tentang senja pasti kalian akan baper. eciaaaaa hahahaha. walaupun judulnya agak sedih karena mengambil kata "pilu", namun di dalam lagu ini temponya agak beat (tulisannya benerkan). lirik yang ada di lagu ini bercerita tentang kerinduan yang sangat mendalam terhadap seseorang. Sepenggal liriknya “Tak berdaya ku berada di ambang waktu untuk memulai pilu. Kutenggelam ke alam sepi, ku ditelan sunyi memikirkanmu (memikirkanmu)”.



4. Buaian 
Lagu buaian ini mengisi track ke empat, Judulnya saja sudah buaian, pasti yang ada di pikiran kita semua itu terbuai atau yang lainnya? apa itu hanya pikiranku saja :v. hahaha oke oke balik lagi, Lagu ini bercerita tentang jatuh cinta pula, tapi didalam liriknya ada makna yang bisa dibilang kita terkadang hanya bisa menikmati cinta itu sendirian.Begini sepenggal liriknya  “Buaian, pesona dirimu membawaku masuk ke alam buaian. Masih teringat jelas waktu kau hadir di depanku. Buaian, buaian..terpukau ku dibuatmu”. dan Tak perlu kau mengerti, rasaku kepadamu, biarkan jadi urusanku. Tak usah kau pahami rasamu kepadaku, biarkan jadi urusanmu”.




5. Reste Avoc Moi 
Lagu ini bercerita sedih, karena saya tidak bisa mengartikannya hahahahah... jadi buat kalian yang bisa mengartikannya silahkan isi kolom komentar dibawah yah :)


6. Wahai Kau
Kau iya kau, yang lagi baca blog aku hahahaha..di dalam lagu ini banyak nada-nada indah tercipta mulai dari awalan hingga berakhir,tambah dengan siulan-siulan merdu membuat lagu ini begitu kompleks. dan ini sedikit lirik yang bisa membuat kita terenyuh "Wahai Kau, yang kerap tersenyum manis dibenakku. Berhentilah, Agar kusanggup tidur kali ini"


7.Terpaut Oleh Waktu 
Lagu ini adalah lagu yang membuatku selalu memutar otak agar mengerti apa yang ingin disampaikan oleh Danilla dalam lagunya ini. Lagu yang beraliran Jazz bertempo lambat ini bisa di konsumsi oleh semua orang dan memang saya akui lagu ini enak 


8. OH NO!
Lagu Danilla kali ini memiliki aransemen yang menurutku agak rumit dan sangat berat untuk dikonsumsi. coba deh di tonton dan silahkan tulis ulasan kalian 


9. Junko Furuta
Seperti yang kita ketahui sosok Junko Furuta adalah seorang gadis yang mengalami kekerasan yang begitu kejam dengan cara diperkosa, di siksa dan di bunuh pada tahun 80-an. Setelah membaca tentang Junko ini danila akhirnya membuat lagu tentang Junko yang membuat saya sedikit merinding dengan liriknya  How could you build a revenge while you calmed your heart? How could you woke you hate while death is the new bed?”.


10. Berdistraksi  
Berdistraksi disini menceritakan tentang seorang yang cemburu, aransemen musik yang menurutku sangatlah keren membuat kita selalu enjoy untuk mendengarkannya. dan ini adalah salah satu My Favorite Song dari lagu-lagu yang ada di Album Telisik ini.liriknya puitis dan penuh dengan kesederhanaan dan mewakili perasaan tentunya. sedikit lirik dari lagu ini Ku melangkah terseok tuk dibunuh waktu. Seingatku waktu itu kau bersamanya. Ku menjadi bulan-bulanan oleh perasaan. Ku diabaikan dalam sendu. Hatiku membiru, terperangkap. Menggerutu”


11. Bilur
Inget yah Bukan beler. heheheh lagu ini bercerita tentang perasaan seseorang dan memang untuk mengartikan setiap liriknya agak susah menurutku. ini sedikit cuplikan liriknya Dan kita bertahan dalam sebuah kekhilafan. Mengingkara nyata, dipisahkan tuan. Siapakah kita? Tiada perlu diartikan. Karena dalam diam, saling merasakan”

                                       



12. My Favorite Things
Lagu ini adalah cover version dari film musikal The Sound Of Music. Namun yang di suguhkan danila dalam lagu ini lebih jazz dan lebih panjang. 



13. Pendahuluan 
Ini adalah lagu terakhir Danilla dalam album Telisik ini, dan lagi-lagi saya tidak mengerti pendahuluan dan penutupan diartikan terbalik seperti ini. lirik dari lagu pendahuluan ini hanya satu baris yaitu "..Tiada lagi yang bisa temani ragaku.. tiada lagi yang bisa bekali jiwaku.."



Ya itulah review tentang Album Telisik dari Danilla Riyadi, mungkin jika tafsiran saya agak salah mengerti dari lagu-lagu danila silahkan di komen dibawah yah :)

Ditulis Di Kamar Kosan 
Jakarta, 16 Desember 2016
21.32 WIB Ditemani lagu Danilla RIyadi Berdistraksi

1 comment:

  1. Pas banget lagi dengerin Bilur terus baca postingan ini. Danilla emg gokil. Hehe

    ReplyDelete