Penampakan dari uang baru Pada hari senin tanggal 19 januari 2016 semua masyarakat digegerkan dengan begitu maraknya penerbitan uang bar...

Beberapa Fakta Mengenai Penerbitan Uang Baru

Penampakan dari uang baru
Pada hari senin tanggal 19 januari 2016 semua masyarakat digegerkan dengan begitu maraknya penerbitan uang baru. dan bahkan semua orang ingin segera memiliknya agar menjadi sarana berbangga diri. hahahah jujur saja.

Penerbitan uang baru ini tidak serta merta mulus jalannya, banyak sekali hal yang diperbincangkan dan seperti lazimnya di indonesia, sesuatu yang baru itu pasti ada pro dan kontranya. bahkan di lini masa yang sering kita pakai pula menjadi trending topik. seperti hastag #UangBaruSemangatBaru. #UangBaruPacarBaru (Whattt :0) atau yang hampir ngetrend #UangBaruGajiLama (Eaaaaaa).

Nah dari pro dan kontra itu pula saya mempunyai sedikit wawasan untuk menuliskannya di blog ini. Baiklah kita mulai bincang-bincangnya :

1. Uang baru(Rupiah) seperti Yuan (Mata Uang) dicina 

Yang benar aja mas :3

Kekesalan masyarakat kembali memuncak dan beberapa juga ada yang ingin menjadi dalang profokator(betul ga tulisannya?) bahwa indonesia sudah di kuasai oleh china dan juga akan diambil alih oleh orang china seluruh aset negara. Whatt? macam mana pula kau jang :3. lucu sih sebenarnya tapi perlu kita tahu juga bahwa uang baru ini mempunyai banyak sekali keamanannya.

2. Keamanan yang lebih tinggi 




"Rupiah itu memiliki sistem pengamanan tiga level, dengan begitu bisa jadi mata uang yang pengamanannya sangat kompleks dibanding mata uang negara lain," kata Direktur Eksekutif Pengelolaan Uang BI Suhaedi‎ kepada Liputan6.com, Jumat (16/12/2016).

"Antara lain melalui penguatan unsur pengaman antara lain dilakukan melalui colour shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso,” tambah Suhaedi.

"Sedangkan dari sisi latent image, apabila dilihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang," beber dia.

Sementara dari sisi ultraviolet feature, dilakukan penguatan desain UV feature yang memendar menjadi dua warna di bawah sinar UV. Dari sisi rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI.


Dari dialog ini ternyata kita bisa simpulkan bahwa sistem keamanan yang lebih baik juga bisa mengurangi  tingkat penyebaran uang palsu. Wihhh Mantep ternyata.

Sumber Percakapan :
Bisnis Liputan 6
News Rakyat

3. Ternyata Uang baru ini lebih gampang di deteksi oleh tunanetra

Sumber : http://www.krjogja.com/web/news/read/19225/Uang_Rupiah_Baru_Ramah_Tunanetra

Kalau Rp 100 ribu hanya satu blind spotnya, kalau Rp 50 ribu dua dan seterusnya. Kami sudah lakukan survei juga dan memang bagi tunanetra lebih mudah membedakan pecahan mata uang," ungkapnya.

Wah ternyata sesuatu yang baru itu tidak serta merta mengubah yang lama namun juga mengevaluasi apa yang salah dari sebuah sistem, dan contohnya adalah sistem ini yang dibuat di uang baru lebih ramah dengan orang-orang yang menyandang status tuna netra. tidak bisa kita pungkiri lagi, pedagang maupun pembeli tunanetra juga banyak tersebar diindonesia dan tidak jarang kita menenmukan penipuan atas kasus ini dan memang tidak bisa kita hindari bahwa uang baru ini sangat membantu.

Sumber Percakapan : KR Jogja

4. Bude Warteg tidak mengetahui adanya uang baru

Maafkan Aku Bude :')

Kemarin-kemarin saya menukarkan beberapa uang baru dan ini bukan maksud saya untuk berbangga dan bersombong diri, namun ternyata ada keunikan tersendiri dari apa yang saya lakukan ketika sudah menukarkan uang lama menjadi uang baru. Niat berbelanja di supermarket ternyata di terima baik namun niat untuk makan di warteg berkunjung tragis, ternyata bude warterg tempat biasa saya mengisi tenaga ini tidak mengenal dan langsung menjudge "Mas kalau mau bohongi saya jangan  pakai uang monopoli., saya juga tau" Sumringah aku :3

Dari ulasan diatas mungkin kita wajib berfikir dan harusnya bisa menganut yang mana yang baik menurut kita, dan yang perlu kita ketahui sesuatu yang diperbaharui itu selalu hasil dari evaluasi yang sudah di pikirkan dari jauh-jauh hari. tidak terkecuali yang terakhir :3

Ditulis Di... Dimana Hayo
Jakarta , 21 Desember 2016
13.30 WIB Ditemani Lagu Free Falin'

0 komentar: