Kemarin sore aku berniat untuk membeli peralatan kuliah dan seketika mataku tertuju pada satu benda unik yang menyimpan memori yang begit...

Cerita Dibalik Lubang Celengan


Kemarin sore aku berniat untuk membeli peralatan kuliah dan seketika mataku tertuju pada satu benda unik yang menyimpan memori yang begitu mendalam. Teringat masa kecil yang menyenangkan ketika melihat benda tersebut, seakan tidak ingin melepaskannya. bahkan ketika buang air sekalipun. ya dialah celengan.

Karena desakan batin ingin menulis cerita dibalik celengan ini aku bergegas mengambil laptop dan menuliskannya. ya celengan. berjuta rasa suka dan duka kita sering jalani bersama. ya mungkin tidak hanya aku yang merasakannya, kalian juga pasti merasakannya. tapi ada satu hal baru-baru ini aku mengerti dan akupun baru sadar, yaitu lubang dari celengan yang begitu imut dan membuatku menjadi gemes saat melihatnya.

Dulu, saat masa kecil aku selalu membuat celengan sendiri ntah pake kaleng susu atau kaleng khong guan. cerita itu tak berhenti sampai disitu tapi tetap berlanjut. dan yang paling unik dari pembuatan celengan yang aku buat adalah membuat lubang sekecil mungkin dan ketika sedang sekarat aku lalu melebarkannya dan berusaha untuk menutupnya kembali. sungguh-sungguh indah masa itu

Dulu, yang sejatinya menabung adalah untuk menyiapkan masa mendatang terkadang tergoyah untuk merusaknya karena segelas orson atau lidi pedas. terkadang kalau celengan tidak dirusak tidak afdol rasanya. selalu ada yang membuatnya terkoyak.. owh masa-masa yang sungguh indah.

Kini, Seketika tanganku ingin lagi menikmati indahnya dulu lalu kubeli satu buah celengan yang berbentuk tabung itu agar lebih banyak nanti isinya(ekspektasi). namun ada yang lagi-lagi membuatku menjadi memutar otak.

Mengapa Lubang Di celengan ini Terlalu kecil yah?

Ini yang dari dulu masih menjadi sebuah misteri. dari pembuatan celengan dengan tangan sendiri, orang lain maupun produk dari perusahaan sama saja lubang celengan selalu lebih kecil dari uangnya. hmmmm dan ini yang membuat kita merobek sedikit dari lubangnya hingga merusak tingkat keeksotisannya. huhuh sedih rasanya. tapi tak apa niat menabung tetap berjalan terus.

Setelah sebulan berjalan dan menabung ada keanehan yang terjadi, ternyata memang orson dan lidi pedas selalu menggoda membuat celengan menjadi rusak dan lebih rusak lagi. Sudah awal harus di robek sedikit dan ditambah lagi godaan dingginnya orson membuat celengan tak lagi seperti performanya diawal.

Aku mulai Berfikir sejenak dan sedikit memberikan kesimpulan

"Ternyata dibalik lubang celengan yang lebih kecil itu terdapat banyak godaan dari mulai awal sampai pertengahan jalan, dan mungkin ini adalah penolakan halus :D.. namun memang untuk mencapai kebaikan harus ada rintangannya, sebut saja orson rintangannya"

Ditulis Di kamar kosan 
Jakarta, 01-11-2016
08.00 WIB Diiringi Lagu Domino (Cover Rita)

6 comments:

  1. Hahahaha... Celengan Berlubang Kecil Tuh Sejuta Cerita ....

    ReplyDelete
  2. Saya sekarang masih punya celengan bambu.

    Tau celengan bambu?

    Disana saya setor uang receh. Pas dipecah paling poll 200.000 lebih sedikit.

    Karna ga sabar pengin ngitungnya..

    Udah coba celengan bambu kaka?

    ReplyDelete
  3. ha..ha..
    bisa bisa gara gara orson celengan di belah...

    ReplyDelete
  4. Super sekali ini.. :v Celengan mempunyai sejuta arti dalam hidupmu. Gut artikel.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. wew lubang celengan pun mempunyai sejarah :V

    ReplyDelete