Akhir-akhir ini aku sering sekali bertemu dan hampir tertabrak oleh orang yang sedang memakai jasa smartphone. dari sini aku berangkat ...

Cara Smartphone membuat kita bodoh dan tidak berpikir


Akhir-akhir ini aku sering sekali bertemu dan hampir tertabrak oleh orang yang sedang memakai jasa smartphone. dari sini aku berangkat untuk membahas mengenai smartphone ini, smartphone benar-benar merevolusi kita, dulu handphone hanya bisa untuk berbicara dan mengirim pesan, sekarang handphone sudah banyak sekali fitur yang bisa kita gunakan. sebenarnya dibalik sisi baik dari smartphone begitu banyak pula sisi buruknya dan bahkan kita tidak pernah sadar akan hal itu. oke selanjutnya akan saya bahas beberapa hal yang membuat kita bodoh dengan memakai smartphone.

1. Tidak terbiasa dalam berhitung 


Dalam kehidupan sehari-hari alat seperti kalkulator memang sakral dalam perdagangan dan lain-lain, namun sisi baik dari kalkulator ini sebenarnya membungkus sisi negatif yang disembunyikan dalam sistemnya, yaitu manusia menjadi malas berhitung dan juga otak menjadi tidak terbiasa untuk berpikir. 
Contoh dalam situasi sehari-hari kita, ketika kita makan di sebuah restaurant lalu disana terpampang nyata ada diskon 10% setiap makan, maka yang biasa yang kita lakukan adalah mengeluarkan smartphone kita untuk menghitungnya, jika kita pikir lebih dalam lagi, seharusnya seseorang yang sudah melalui jenjang SD sudah dapat menghitung itu, namun kita terkadang enggang menggunakan fungsi otak dan akhirnya seperti yang saya bicarakan diawal yaitu otak menjadi tidak terbiasa dan kita menjadi pengguna akut fungsi itu. 

2. Alam menjadi hal yang biasa saja 


Pernah ga kita ketika berpergian kesuatu tempat menggunakan mobil atau bus misalnya, kita menghabiskan semua waktu kita dengan smartphone. bahkan ketika kita sedang berjalan tak ayal lagi sering menabrak air mancur bahkan terjatuh karena lubang, ada hewan cantik di depan biasa aja, yah seperti itulah manusia lebih asik dengan alam smartphonennya. dan ini sangatlah mengganggu bagi setiap manusia 

3. Hantu Selfie 

Mungkin bagi beberapa orang kewajiban atas selfie itu sangatlah saklak, mau dimanapun tempatnya tetaplah selfie yang di utamakan, apalagi sudah di bantu oleh tongkat yang bisa dibuat selfie itu, *lupa namanya hahahahaha. 
Bagi beberapa orang pun foto selfie di tempat-tempat yang aneh dan menguploadnya di internet adalah sesuatu hal yang mempunyai kepuasan tersendiri dan merupakan ide paling bagus.

Tidak itu adalah hal bodoh karena mengupload foto selfie sekarang sudah banyak gayany ntah bibir yang di majuin *gaya duckface terus yang muka di jerengin, yang pipi yang ditembemin sampe muka di balik juga, hahahahahah oiya perlu kalian ketahui bahwa foto ilustrasi diatas adalah selfie masih tingkatan wajar

4. Terlalu banyak menyalurkan informasi


Berita-berita yang ada di media sosial begitu banyak sekali bahkan hampir setiap jam ada berita yang di share oleh beberapa orang, ya memeng ketika ada sisi positif dari media sosial contohnya jika kalian warga jakarta pasti mengetahui seorang kakek yang berjualan nasi uduk di galur yang awalnya sepi sekarang sudah ramai dikarenakan ada yang menyebarkan informasi mengenai itu. coba jika lihat gambar diatas, berita seperti ini yang seharusnya tidak keluar tapi malah keluar dan menjadi trending topik dikalangan beberapa orang, pernah ga dulu merasakan ada berita Ronaldo meninggal? seantero penggemarnya mulai mencari tahu, padahal ronaldo masih dalam keadaan bugar, ya memang di dunia media itu informasi menjadi barang kebutuhan namun informasi juga wajib kita saring sebelum menyebarkannya.

5. keindahan Kebersamaan adalah hal yang sulit untuk didapatkan


Pernah ga kalian ngerasain hal seperti judul kelima ini? di dalam kereta kalian melihat orang-orang sibuk dengan smartphonennya padahal hanya main liat dekstop- liat menu-keluar-lihat desktop-liat menu begitu seterusnya, itu hanya menghabiskan waktu kalian, dan bahkan jika ada teman disampingpun terkadang di cuekin karena smartphonnenya, disini penulis hanya ingin mengingatkan diri sendiri jangan menggunakan sesuatu itu berlebihan, karena yang berlebihan itu ga baik, contohnya makan berlebihan itu ga baik, dan sesuatu yang berlebihan lainnya.

6. Menjadi pribadi yang menginginkan semua secara instan 


Ya ini adalah salah satu hal yang merupakan pembodohan terhadap diri kita, mengapa demikian? seseorang yang cenderung menginginkan yang instan adalah pribadi yang malas, contohnya dulu orang suka membaca buku dan sekarang setiap buku sudah ada reviewnya dan ketika sudah membaca seakan mengetahui semuanya padahal di review buku hanya sebagian nikmat dari apa yang ada didalamnya, pribadi yang seperti ini begitu banyak kita temui di sekeliling kita, dan tak dipungkiri juga aku pernah melakukannya.

Mungkin itu sedikit yang aku tahu, jika teman-teman punya kriteria lagi tentang cara smartphone membuat kita bodoh silahkan komen di bawah :)

Ditulis di kamar kosan
Jakarta, 23-11-2016
22.24 WIB Ditemani lagu navicula - saat semua semakin cepat, bali berani berhenti

0 komentar: