Sedikit bercerita kenangan dari driver ojek online yang kutumpangi malam itu, tak seperti malam-malam sebelumnya aku selalu naik angkot...

10 Menit Bersama Driver Ojek Online


Sedikit bercerita kenangan dari driver ojek online yang kutumpangi malam itu, tak seperti malam-malam sebelumnya aku selalu naik angkot tapi kali ini ada hal yang mengharuskanku untuk naik ojek online, tak perlu diceritakan karena itu hanya membuat semua orang geger. malam itu juga sangat mencekam jadi salah satu solusi adalah naik ojek online agar selamat sampai tujuan dan nyaman tentunya. 

Menunggu sekitar 3 Menit di depan tempat kerjaku dan kemudian driver itu datang dengan senyuman khas orang lagi cape dan berusaha untuk senyum. 

" Kita mau Kepemudanya yang mana pak?" 

Aku jawab " Di bawah halte aja pak, bapak ga usah masuk, nanti kasian bapak jauh jalannya"
"Wah(dengan senyuman khasnya kembali)... Oke mas"

Aku ga tau eksistensi driver itu senyum padaku apa, tapi satu hal yang aku tau dia senang.. sebenarnya aku ingin menanyakan mengapa dia begitu senang.. tapi yah masa aku yang tanya duluan.. Hahahahaha Becanda becanda..  Selang beberapa waktu, ya sekitar 2 menit duduk diatas motor drivernya akupun mulai berani bertanya kepadanya perihal senyuman khas bak buah mawar baru merekah itu.. 

 Aku : Pak ko tadi senyum gitu kayanya senang banget

Driver : Iya pak, soalnya kadang ada orang yang ga mau tau gitu harus sampe depan rumahnya lah, kadang sampe marah2 juga gitu.. uda jalan setapak terus ada anak muda nongkrong.. mending nongkrongnya lagi waras kalau ga waras mah kaya temen saya pak motornya sampe diambil.

Aku : Owh jadi gitu,, baru tau saya pak,, oiya bapak biasanya operasi dimana aja?

Driver : Saya mah pangkalannya di kalibata mas,, karena tadi saya abis nganterin ibu-ibu daerah situ yah terus nyari eh dapet. 

Aku : OWh gtu yah pak.. biasanya bapak sampe jam berapa yah pak kerjanya?

Driver : Kalau saya mas pagi-pagi banget jam setengah 6 uda jalan kadang terus siang pulang dan istirahat.. sore saya kerja lagi sampe malem. jadi yah kalau sekarang pulang malem ga jadi masalah.. tapi yah aku kadang miris mas kalau bawa penumpang malem.

Aku : Mirisnya kenapa pak? bukannya malem lebih banyak yah pak?

Driver : Banyak yo banyak mas,, tapi itu loh kadang aku bawa penumpang yang cuma pake celana sobek-sobek, terus celananya pendek banget.. mana perempuan lagi, kadang bau minuman ya bgitu begitu lah mas.. kalau diatas jam 11 tuh pasti yang order saya anak-anak muda yang ga tau abis darimana.. kacau mas generasi sekarang. kadang saya ngomong dan nasehatin pas saya bawa malah dia minta turun dan bilang gini.. uda si bawa aja bawel banget.. namanya juga saya kerja yah mas jadi yah mau gmana lagi..

Aku : hmmm.. kaya gitu toh pak.. tapi ada ga sih pak penumpang yang keterlaluan?

Driver : Maksudnya keterlaluan gmana mas?

Aku : ya penumpangnya parah gitu kelakuannya

Driver : wah kalau itu saya sering mas.. dan yang parah lagi tuh gini. saya pernah dapet orderan buat beliin makanan.. trus karena antriannya panjang aku harus nunggu kan mas.. nah mbak-mbak yang mesen bilang harus cepet karena lapar.. ya aku bisa ngomong apa mas karena harus ngantri.. saya ngantri waktu itu sekitar setengah jam mas terus bawain dia,, tapi tau ga mas pas saya uda sampe rumah dia,, dia bilang apa?... dia bilang pak ga profesional banget katanya dateng 10 menit tapi sekarang uda mau sejam... gmana si... uda sayaga laper lagi.. saya gamau nerima ini pokoknya... bapak pulangin aja.. terus aku bingung mas mau diapain yah ini.. dan akhirnya aku kasih istriku aja.. mana mahal lagi harus dibelikannya.. 

Aku : waduh sampe seperti itu yah pak... lalu bapak gimana pak kalau kaya gitu..

Driver : Oiya mas sudah sampe nih.. 

Aku : Oiya pak.. jadi totalnya 6.000 yah? 

Driver : iya mas.. oh iya mas jangan lupa dibintang 5 (Dengan senyum khas tadi)
.
.
.
Pembicaraan akupun terputus ketika itu karena aku sudah sampai ditempat tujuanku.. sungguh cerita yang membuatku sangat terenyuh mendengarnya.. 

ya walaupun bukan aku yang melakukannya, aku hanya ingin berbagi saja agar tak ada lagi kejadian seperti ini. kasian dia sudah bekerja dengan baik tapi tidak dihargai. hargailah setiap orang yang telah membantumu.. setidaknya dia sudah berusaha

Ditulis di Kamar Kos
Jakarta, 16-10-2016 
06.45 WIB - Ditemani dengan lagu Hilang KMI

2 comments: