Sebuah keindahan kini telah hilang. Semua orang mungkin punya kriteria suatu keindahan bahkan ketika ditanya satu-persatupun setiap o...

Ketika Keindahan Itu Hilang


Sebuah keindahan kini telah hilang. Semua orang mungkin punya kriteria suatu keindahan bahkan ketika ditanya satu-persatupun setiap orang akan berbeda pendapat tentang keindahan itu. Suatu keindahan menurutku sendiri adalah ketika tempat kelahiranku mulai berubah akan adanya orang yang merubah.
Sungguh indah ketika kedatanganku setelah sekian lama merantau ke ibukota Negara Indonesia, disuguhi oleh pemandangan yang tidak biasanya dalam sejarah penglihatanku selama hidup disini. Sebuah keindahan yang tidak pernah kulihat sebelumnya, semua orang mengunjungi masjid dengan gembira tak kenal muda atau tua, tak kenal lelaki atau perempuan. Disini kumulai tersenyum tentang perubahan ini, namun bingung melanda pikiranku saat itu mengapa begitu banyak yang pergi kemasjid kala itu setelah di telusuri ternyata ada sosok yang membuat mereka seperti itu.
Sungguh sesuatu yang menajubkan bagiku sebagai orang yang biasa ini. Sampai saat aku bertanya pada seorang adik yang selalu kuperhatikan mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang ada dimasjid kala itu.
“ Dik, mengapa kamu tertarik kemasjid” sayapun bertanya.
Dengan polosnya ia menjawab “ itu bang ada kakak-kakak dari pesantren yang ganteng banget jadi kemasjid terus deh”
Hatikupun tertegun, kemudian bertanya lagi kepada banyak adik-adik yang ada disekitarku dan jawaban mereka sama pula dengan jawaban adik pertama yang kutanya.
Oh sungguh ironi diatas ironi…..
Keindahan yang berlalu begitu cepat dan tak terasa begitu indahnya membuat kuterlena akan keajaiban ini, senang? Ya memang senang namun juga ada rasa sedih yang terlihat setelah keindahan itu hilang. Keindahan yang selalu kunantikan akan segera sirna karena sosok yang membuat keindahan dimataku telah pergi dari tempat tinggalku ini.
Sehari berlalu dari perginya sosok itu seolah semuanya tidak pernah terjadi hanya bagaikan tulisan yang kau tuliskan dipantai, memang indah dan menawan tulisan dipantai itu namun semua hanya sementara saja, tulisan itu akan hilang diterjang ombak dan kau tak akan mendapatkan tulisan yang sama kembali.

Sungguh hal yang tak pernah terduga sebelumnya…..

0 komentar: